Waspada Skimming di ATM Pakai Teknik Lebih Canggih

img

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Ketua Lembaga Penelitian Keamanan Siber dan Komunikasi (CISSReC) Pratama Persadha menerbitkan Moda Pengoperasian  Skimming Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tahun ini menggunakan teknik yang lebih canggih. 

 

Jika biasanya penjahat menggunakan perangkat  skimming  untuk mendapatkan informasi kartu dan kode sandi, kini mereka menggunakan teknik skimming baru untuk mendapatkan uang yang lebih besar. "Pelaku menanamkan Perangkat Lunak Berbahaya (Malware) Ke hati Sistem Komputer Dengan hati-hati. Keuntungan Dari JENIS menggelapkan malware Penyanyi Adalah dia DAPAT berbaur Ke hati Sistem Tanpa membandingkan," kata Pratama melalui surat elektroniknya ditunjukan kepada Antara di Semarang, Ahad pagi (6) / 6) 1)).      

 

 

Setelah berhasil menginstal ATM, para penjahat siber kemudian memiliki kontrol penuh ATM tersebut. ATM yang mudah menarik semua dana di ATM atau mengambil data dari yang digunakan di ATM, termasuk nomor rekening dan kode PIN investasi.

 

 

Sementara peretasan pada sistem gim berani (gim online), kata Pratama, penjahat siber berharap bisa mendapatkan data informasi pemain pribadi, kartu kredit, token, senjata, dan lain-lain yang dapat dinilaikan dengan uang. Pada 2016, misalnya, hampir 1,6 juta akun gim Clash of Kings diambil oleh peretas.  

 

 

Sumber: Republika