Ini Cara Menghindari Situs Down Atau Lemot saat Daftar CPNS

img

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mulai dibuka hari ini, Senin (11/11). Pelamar bisa mendaftar secara online di situs https://sscasn.bkn.go.id, mulai pukul 23.11 WIB atau 11.11 malam.

 

Pendaftaran CPNS 2019 akan berlangsung sampai 24 November 2019. Sudah tentu akan banyak yang melamar. Diperkirakan jutaan orang akan melamar menjadi CPNS.

 

Untuk menghindari situs down atau lemot saat diakses, pakar keamanan teknologi dan informatika Pratama Persadha mengatakan, peserta bisa mengakses situs https://sscasn.bkn.go.id pada waktu tertentu, yaitu saat tidak banyak dikunjungi pelamar lain.

 

"Tahun lalu tips ini berhasil mengurangi lonjakan traffic di jam kerja. Untuk itu, penyelenggara juga perlu memberikan edukasi pada para calon pendaftar lewat media sosial. Bahwa ada jam-jam tertentu mereka bisa mengakses tanpa khawatir lemot atau down," ujar Pratama, seperti dikutip dari Antara.

 

 

1. Siapkan file dengan ukuran kecil

 

Selain mengakses situs pada waktu tertentu, peserta juga diminta untuk menyiapkan file dalam ukuran kecil.

 

Pengaturan juga sudah dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar proses unggah tidak berat. Sebab, file yang berat menjadi salah satu penyebab down atau lemotnya situs (website).

 

 

2. Penyebab down atau lemotnya situs

 

Pratama mengatakan, ada beberapa penyebab situs down atau lemot, antara lain banyaknya exposure yang masuk, hal ini bisa disebut sebagai viral effect.

 

"Bisa karena DDos attack,  yakni usaha seseorang yang dengan sengaja membuat ribuan proses yang menyerang sistem secara bersamaan. Bisa juga karena adanya pemadaman listrik mendadak yang terjadi pada data center , atau karena sedang ada pengalihan," ujarnya.

 

 

3. Matangkan persiapan

 

Pratama mengimbau penyelenggara penerimaan CPNS  menyiapkan semuanya secara matang.

 

"Dari segi persiapan penambahan kapasitas server, penyelenggara dapat menggunakan kapasitas-kapasitas cadangan terkait dengan server. Sehingga jika ada lonjakan yang luar biasa, risiko server down dapat diminimalisir," ujarnya.

 

Kendati demikian, kata Pratama, risiko mungkin saja bisa muncul lagi meski dari sisi teknis sudah disiapkan. Untuk menghindari munculnya risiko, perlu kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk memastikan sistem berjalan dengan baik.