Tips Aman Transaksi via ATM

img

Mesin ATM merupakan salah satu tempat rawan tindak kejahatan. Tak sedikit yang telah menjadi korban raibnya uang di ATM.

Ya, sebagai nasabah memang seharusnya memang lebih berhati dan lebih jeli ketika berada di mesin ATM. Terlebih pada serangan yang bisa mengintai nasabah seperti skimming.

Skimming merupakan salah satu metode membobol ATM yang jamak dilakukan peretas. Menggunakan cara ini, peretas menggunakan alat yang ditempelkan atau ditambahkan pada mulut tempat memasukkan kartu ATM, dengan alat bernama skimmer. Skimmer inilah yang nantinya mencuri data pita magnetik pada kartu ATM sehingga pelaku punya kendali ke rekening korban.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan supaya aman saat transaksi di ATM?

Mengutip viva, chairman lembaga riset keamanan siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama Persadha, memberkan tipsnya sebagai berikut.

1. Perhatikan lokasi ATM

Ketika menggunakan ATM, pastikan lokasinya tertutup dan aman. Tak hanya itu, jika memungkinkan, cari mesin ATM yang ada penjagaan dari petugas keamanan. Setidaknya, langkah ini dapat membantu mengamankan dari risiko tindakan curang atau penipuan.

2. Cek kondisi fisik mesin ATM

Selain memastikan keamanan lokasi mesin ATM, nasabah juga perlu cek kondisi fisik mesin ATM. Pastikan keypad mesin ATM dalam kondisi baik, tidak ada yang terbuka atau terdapat benda-benda kecil pada keypad.

Jangan lupa untuk menggoyangkan mesin ATM. Mesin ATM yang dalam kondisi baik bisanya semua aksesorinya akan menempel dengan kuat. Jika ada yang goyang, bisa jadi mesin ATM tersebut sudah dimodifikasi. Kalau sudah demikian, disarankan untuk pindah mesin.

3. Cek mulut mesin ATM

Bagian mulut ATM tak boleh luput dari pengecekan. Pasalnya, mulut ATM biasanya menjadi tempat skimmer menempel. Jika nasabah ragu dengan kondisi kualitas mesin ATM, lebih baik gunakan ATM yang lain.

Yuk tetap berhati-hati! (bel/may)

sumber:wartabromo