Bagaimana Cara Peretas Menggunakan Metode Phising Untuk Mencuri Informasi?

img

Salah satu metode paling umum yang digunakan untuk mendapatkan informasi terkait akun dan kata sandi adalah metode "phising". Metode ini digunakan untuk menipu pengguna agar menyerahkan data mereka secara suka rela.

 

Phising adalah jenis penipuan dengan memanfaatkan komunikasi email atau elektronik lainnya yang menargetkan individu, organisasi, atau bisnis. Penjahat siber membuat rekayasa sosial dengan membuat situs web, perusahaan dan informasi lainnya menggunakan konten yang serupa dengan sumber aslinya. Misal seperti logo, alamat domain dan seterusnya. Sehingga jika tidak begitu cermat mengamati, mereka yang menjadi target penjahat siber akan memberikan informasi mereka seperti kata sandi dan informasi penting lainnya secara sukarela.

 

Berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari penipuan phising:

 

Berhati-hatilah dengan Apa yang Anda Buka dan Klik - Walaupun mungkin terlihat seperti email perusahaan yang sah, berhati-hatilah terhadap semua email yang meminta informasi. Sebagian besar email phishing akan dimulai dengan "Pelanggan yang Terhormat" sehingga Anda harus waspada ketika Anda menemukan email-email ini. Alih-alih Anda akan diarahkan ke sumber yang semestinya ketika mengeklik tautan, bisa jadi Anda akan diarahkan ke sumber lainnya yang lebih berbahaya.

 

Jangan Berikan Informasi Pribadi - Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau sensitif secara finansial melalui Internet. Sebagian besar email phising akan mengarahkan Anda ke halaman-halaman di mana entri untuk informasi keuangan atau pribadi diperlukan. Pengguna Internet tidak boleh membuat entri rahasia melalui tautan yang disediakan dalam email. Jangan pernah mengirim email dengan informasi sensitif kepada siapa pun. Biasakan untuk memeriksa alamat situs web. Situs web yang aman selalu dimulai dengan "https".

 

Gunakan Perangkat Lunak Antivirus - Ada banyak alasan untuk menggunakan perangkat lunak antivirus. Perlindungan firewall mencegah akses ke file berbahaya dengan memblokir serangan. Perangkat lunak antivirus memindai setiap file yang datang melalui Internet ke komputer Anda. Ini membantu untuk mencegah kerusakan pada sistem Anda.