10 Hacker Paling Terkenal di Dunia dan Apa yang Terjadi pada Mereka

img

Tidak semua hacker jahat. Hacker yang baik disebut sebagai hacker topi putih. Mereka menggunakan kemampuannya untuk meningkatkan keamanan komputer. Adapun mereka yang melakukan peretasan hanya untuk kesenangan disebut sebagai hacker bertopi abu-abu. Sedangkan mereka yang meretas untuk tujuan kejahatan disebut sebagai hacker bertopi hitam.

Berikut adalah daftar beberapa hacker bertopi hitam, apa yang mereka lakukan untuk meningkatkan reputasinya, dan dimana mereka sekarang.

 

1. Kevin Mitnick

Departemen Keadilan AS menyebutnya sebagai kriminal komputer yang paling dicari dalam sejarah AS. Bahkan cerita hidupnya sempat diangkat ke layar lebar dengan judul “Track Down”.

Apa yang dia lakukan?

Setelah menjalani hukuman penjara 1 tahun akibat meretas jaringan Digital Equipment Corporation, ia dibebaskan selama 3 tahun dengan pengawasan. Namun menjelang akhir masa tahanan, ia justru melarikan diri dan melakukan peretasan yang melibatkan sistem peringatan pertahanan nasional sekaligus mencuri rahasia perusahaan.

Dimana ia sekarang?

Setelah dihukum selama 5 tahun kurungan penjara, kini Mitnick menjadi konsultan dan pembicara seputar keamanan komputer. Ia bahkan mendirikan Mitnick Security Consulting, LLC.

 

2. Jonathan James

Dikenal sebagai "cOmrade", ia mulai melakukan peretasan di usia muda dan berhasil masuk ke beberapa jaringan komersil dan pemerintah hingga kemudian dipenjara. Itu semua ia lakukan saat masih di bawah umur.

Apa yang ia lakukan?

James menyusup ke jaringan NASA dan mengunduh cukup banyak kode yang senilai dengan 1,7 juta dolar untuk mempelajari bagaimana Stasiun Luar Angkasa Internasional bekerja.

Dimana ia sekarang?

Pada 2007, beberapa perusahaan ternama menjadi korban sejumlah serangan jaringan berbahaya. Meski James membantah terlibat, ia tetap diselidiki. Setahun berikutnya, ia memutuskan untuk bunuh diri.

 

3. Albert Gonzalez

Gonzalez memimpin kelompok hacker "ShadowCrew" yang kerap melakukan aksi kejahatan siber, diantaranya mencuri dan menjual kartu kredit dan pencurian identitas, seperti paspor palsu, kartu asuransi kesehatan, dan akte kelahiran.

Apa yang ia lakukan?

Gonzalez menjadi terkenal ketika ia mengumpulkan lebih dari 170 juta kartu kredit dan nomor kartu ATM dalam waktu2 tahun.

Dimana ia sekarang?

Gonzalez dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Ia dijadwalkan bebas saat 2025 nanti.

 

4. Kevin Poulsen

Dikenal sebagai "Dark Dante". Ia menjadi terkenal ketika ia meretas saluran telepon radio dan menyatakan diri sebagai pemenang kontes sehingga ia dihadiahi sebuah mobil Porsche baru.

Apa yang ia lakukan?

Poulsen ditetapkan menjadi buronan FBI ketika ia berhasil meretas sistem federal dan mencuri informasi penyadapan. Ia kemudian ditangkap di sebuah supermarket dan dijatuhi hukuman 51 bulan penjara dan tagihan sebesar 56.000 dolar.

Dimana ia sekarang?

Pasca bebas, ia beralih profesi menjadi jurnalis dan editor Wired. Pada 2006, ia bahkan membantu penegakan hukum untuk mengidentifikasi 744 pelanggar seks di Myspace.

 

5. Gary McKinnon

Dikenal sebagai Solo di dunia maya.

Apa yang ia lakukan?

Selama Februari 2001 hingga Maret 2002, McKinnon secara ilegal mengakses 97 komputer milik angkatan bersenjata AS dan NASA. Ia mengklaim bahwa ia hanya mencari info mengenai energi bebas dan konspirasi UFO. Namun menurut pihak berwenang AS, ia telah menghapus sejumlah file penting dan merusak lebih dari 300 komputer yang senilai lebih dari 700.000 dolar.

Dimana ia sekarang?

Sebagai keturunan Skotlandia yang beroperasi di luar wilayah Britania Raya, McKinnon mampu menghindari hukum ekstradisi AS hingga 2005. Pada akhirnya, Theresa May memblokir ekstradisinya dengan alasan sakit.

 

6. Robert Tappan Morris

Ia dikenal sebagai pencipta worm komputer paling pertama di dunia.

Apa yang ia lakukan?

Pada 1998, Morris menciptakan worm saat masih menjadi mahasiswa di Cornell University. Program ini dimaksudkan untuk menaksir ukuran internet. Sayangnya program ini memiliki kekurangan yang dapat menyebabkan performa komputer menjadi sangat lambat. Akibatnya lebih dari 6000 komputer tidak dapat digunakan lagi.

Dimana ia sekarang?

Pada 1989, Morris dianggap melanggar UU Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer dan dijatuhi hukuman 3 tahun masa percobaan, 400 jam pelayanan masyarakat, dan denda 10.050 dolar. Kemudian ia mendirikan Y Combinator dan kini menjadi profesor di MIT.

 

7. Loyd Blankenship

Dikenal sebagai “The Mentor” di kalangan hacker yang aktif sejak 1970-an.

Apa yang ia lakukan?

Blakenship menulis sebuah esai berjudul Mentor's Last Words yang ditulis setelah tertangkap pada 1986. Esainya telah menjadi semacam pedoman dasar dalam budaya hacking.

Dimana ia sekarang?

Blakenship dipekerjakan oleh Steve Jackson Games pada 1989 untuk mengerjakan GURPS Cyberpunk. Dinas Rahasia AS kemudian menggrebek rumahnya pada 1990 dan menyita buku pedoman hacking tersebut. Sejak saat itu, ia meninggalkan dunia hacking dan kini beralih sebagai musisi dan pengembang game.

 

8. Julian Assange

Mulai melakukan hacking pada umur 16 tahun dengan nama "Mendax". Lebih dari 4 tahun, ia menyusup ke berbagai jaringan pemerintah, perusahaan, dan pendidikan, termasuk Pentagon, NASA, Lockheed Martin, Citibank, dan Stanford University.

Apa yang ia lakukan?

Assange membuat Wikileaks pada 2006 sebagai platform untuk menerbitkan bocoran berita dan dokumen rahasia dari berbagai sumber anonim. AS kemudian melakukan penyelidikan terhadap Assange pada 2010 dan menuntutnya atas UU Spionase tahun 1917.

Dimana ia sekarang?

Saat ini ia bersembunyi di kedutaan besar Ekuador di London dikarenakan takut terhadap hukum ekstradisi ke AS.

 

9. Guccifer 2.0

Tidak ada yang tahu pasti siapa Guccifer 2.0. Nama tersebut diberikan sebagai penghormatan kepada hacker Rumania yang sering menargetkan pejabat pemerintah AS dan lainnya yang menonjol secara politis.

Apa yang mereka lakukan?

Selama Pilpres AS 2016, jaringan Konvensi Nasional Partai Demokrat diretas. Ribuan dokumen dibocorkan di Wikileaks dan tempat lainnya. Banyak yang percaya bahwa Guccifer 2.0 merupakan agen intelijen Rusia. Namun dalam sebuah wawancara di Vice, Guccifer 2.0 mengklaim dirinya sebagai orang Rumania.

Dimana ia sekarang?

Guccifer 2.0 menghilang tepat sebelum Pilpres AS, kemudian muncul lagi pada Januari 2017 untuk menegaskan bahwa ia tidak memiliki hubungan dengan intelijen Rusia.

 

10. Anonymous

Anonymous mungkin bisa dianggap sebagai hacker paling terkenal sepanjang masa. Anonymous bukan merupakan hacker perseorangan, namun sekelompok hacker yang terdesentralisasi tanpa sistem keanggotaan yang jelas. Siapa saja bisa bertindak sebagai Anonymous.

Apa yang mereka lakukan?

Sejak 2003, Anonymous diyakini telah menyerang beberapa target penting, diantaranya Amazon, PayPal, Sony, Gereja Baptis Westboro, Church of Scientology, pemerintah Australia, India, Suriah, AS, dan lainnya.

Dimana mereka sekarang?

 

Hingga sekarang, Anonymous masih terus melakukan aktivitas hacking. Sejak 2011, Anonymous telah melahirkan 2 kelompok hacking yang saling terkait: LuIzSec dan Antisec.

 

Sumber: http://hackingnewstutorials.com/top-10-worlds-famous-hackers-happened/