Jual Foto Selfie Seperti Ghozali Everyday Apakah Berbahaya? Ini Penjelasan Pakar

img

Liputan6.com, Jakarta - Ghozali Everyday saat ini tengah menjadi perbincangan di media sosial, lantaran dirinya menjual NFT foto selfie di marketplace OpenSea dengan keuntungan besar hingga meraup volume perdagangan belasan miliar rupiah.

Terkait foto selfie yang merupakan bagian dari data pribadi, lalu muncul pertanyaan apakah aman menjual foto selfie dalam bentuk NFT seperti Ghozali Everyday?

Menurut Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha, untuk NFT-nya sendiri pasti aman. Akan tetapi, bakal ada risiko bisa disalahgunakan dan ia mengimbau untuk selalu waspada.

"Bahayanya, siapa pun bisa meng-capture foto selfie tersebut dan dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, membuat meme misalnya atau di Indonesia bisa untuk memalsukan KTP. Jadi tetap harus waspada," kata Pratama kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (14/1/2021).

Dalam kasus Ghozali, menurut Pratama, dia sendiri kebetulan memang tahu sejak lama soal NFT karena juga berkuliah di bidang animasi, Udinus Semarang.

"Jadi Ghozali kemungkinan besar tahu betul ke mana saja dia bisa menjual karyanya," tutur pria yang juga menjabat sebagai Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber dan dan Komunikasi CISSReC.

NFT sendiri sesuai dengan teknologi yang dipakainya yaitu blockchain membuat setiap aset digital tidak bisa dipalsukan, karena tercatat siapa pemilik dan history transaksi.

"Inilah yang membuat banyak seniman juga mulai menggunakan NFT untuk menjual karyanya," Pratama memungkaskan.

sumber:liputan6